Mabes Polri Kirim Tim DVI ke Nepal

Polri mengirimkan Tim DVI ke Nepal
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA.co.id - Kepolisian Republik Indonesia memberangkatkan Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri ke Nepal, guna melaksanakan misi kemanusian akibat gempa yang mengunjang wilayah itu dengan kekuatan 7,9 Skala Ritcher pada 25 April 2015.

Menurut Divisi Hubungan Internasional Polri Kombes Pol Khrisna Murti, dua anggota Tim DVI Polri yang akan diberangkatkan ke Nepal ialah Kompol dr. Eko Yunianto, dan Kompol dr. M. Faizal.

Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan

Keduanya akan bergabung dengan Kementerian Luar Negeri dan tim DVI International untuk melakukan pencarian tiga pendaki Warga Negara Indonesia (WNI) yang hilang akibat gempa dahsyat tersebut.

"Kami malam ini ke Nepal, di sana kami melakukan pencarian prioritaskan WNI yang belum ditemukan," ujar Khrisna, di Gedung TNCC, Mabes Polri, Rabu 13 Mei 2015.

Dalam melakukan misi kemanusian tersebut, Krishna mengatakan Tim DVI Polri dibekali dengan pelaratan dan data-data ante mortem tiga WNI atas nama Alma Parahita, Kadek Andana, dan Jeroen Hehuwat yang saat ini masih belum ditemukan keberadaannya.

"Tim dari DVI yang hadir di sana membawa data properti (pakaian), data medis dan sample DNA WNI itu," katanya.

Nantinya, Tim DVI Polri akan berkordinasi dan bekerja sama dengan tim forensik setempat dan Interpol guna melakukan identifikasi WNI tersebut.

Rencananya, kegiatan misi kemanusian ini akan dilakukan kurang lebih dua minggu di Nepal. Tapi tidak menutup kemungkinan kegiatan ini bisa saja akan diperpanjang, tergantung situasi dan kondisi dari Kementerian Luar Negeri.

Mantan Kakorlantas Polri jadi Dirjen di Kemenhub

Dua Jenderal Polri Akan Duduki Jabatan Dirjen di Kementerian

Kapolri merestui jenderal Polri menjabat Dirjen Kemenhub dan Kemendag

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2016