Bareskrim Geledah Kantor PT Adhi Karya

Sumber :
  • Antara/ Fahrul Jayadiputra

VIVA.co.id - Direktur Tindak Pidana Korupsi Mabes Polri menggeledah kantor pusat PT Adhi Karya (Persero) Tbk di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu 13 Mei 2015. Penggeledahan terkait penyidikan kasus dugaan korupsi pembangunan stadion utama Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage, Kota Bandung.

"Ya ada penggeledahan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Agus Rianto di Jakarta.

Menurut Agus, penggeledahan di kantor Adhi Karya ini untuk mencari dokumen-dokumen yang terkait dengan proyek pembangunan Stadion Gedebage di Kota Bandung Jawa Barat.

Sebelumnya, penyidik Bareskrim Polri telah menetapkan YAS sebagai tersangka kasus korupsi stadion olahraga kebanggaan warga Bandung itu. Penetapan tersangka YAS dilakukan setelah Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri melakukan gelar perkara kasus pembangunan stadion di wilayah Jawa Barat ini.

YAS merupakan Sekertaris Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Pemerintah Kota Bandung. Menurut Rikwanto, YAS berperan aktif dalam proyek pembangunan stadion yang menelan biaya mencapai Rp1,1 triliun.

Tersangka Suap, Damayanti Jalani Pemeriksaan Perdana

Sebagaimana diketahui, Stadion Gedebage yang berada di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, itu diresmikan pada Mei 2013 lalu oleh Wali Kota Bandung saat itu, Dada Rosada.

Stadion yang dibangun sejak tahun 2009 dibiayai dengan anggaran Kota Bandung dibantu Pemprov Jawa Barat. APBD Kota Bandung mengeluarkan anggaran sebesar Rp685 miliar, dan Pemprov Jabar mengucurkan dana bantuan Rp485 miliar.

Stadion yang berdiri di atas lahan seluas 24 hektare dan mampu menampung 38 ribu penonton ini digadang-gadang sebagai stadion terbesar kedua di Indonesia, setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta. (one)

Berkas Kasus Korupsi Stadion Gedebage Dikirim ke Kejaksaan
Ahmad Heryawan tinjau Stasiun Gedebage, Selasa 8 Januari 2013

Renovasi Stadion Gedebage Bandung Libatkan Ahli

Bareskrim Polri mengizinkan Pemkot Bandung renovasi Stadion Gedebage.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2016