Ratusan Pengungsi Rohingya Telah Dipindahkan ke Tempat Baru

Kapal yang membawa migran Rohingya ke Malaysia.
Sumber :
  • REUTERS/Olivia Harris

VIVA.co.id - Pemerintah Aceh Utara akhirnya memindahkan 582 imigran gelap asal Bangladesh dan Myanmar ke tempat penampungan baru. Lokasi itu bertempat di Desa Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Aceh Utara.

Myanmar Diminta Tak Diskriminatif Terhadap Rohingya

Menurut pejabat humas badan PBB untuk penanganan pengungsi, UNHCR, Mitra Salima Suryono, lokasi yang baru cukup baik jika dibandingkan tempat sebelumnya di Gedung Olah Raga, Lhoksukon.

"Yang paling penting, tempat lumayan bagus, dan kebersihan terjamin. Di sini ada tiga gedung, imigran laki-laki tidak bercampur lagi dengan perempuan dan anak-anak," kata Mitra di Aceh Utara, Rabu, 13 Mei 2015.

Kemlu: 3 WNI yang Sempat Diculik di Sabah Selamat

Pemda Aceh Utara juga telah menyiapkan fasilitas untuk para imigran, antara lain dapur umum, air bersih, dan tempat buang air besar untuk laki-laki dan perempuan. Mitra menyebut Pemerintah Indonesia dan Pemda Aceh Utara sangat prihatin terhadap kondisi para imigran.

"Sehingga, mereka membantu untuk menyediakan tempat," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, ratusan imigran gelap terdampar di Pantai Seunuddon, Aceh Utara pada Minggu kemarin. Ratusan pengungsi Rohingya asal Bangladesh dan Myanmar itu ingin berlayar menuju ke Malaysia.

Alasan Tenaga Kerja Konstruksi RI di Malaysia Digaji Rendah

(mus)

Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak

PM Najib Sebut Keragaman Jadi Kekuatan ASEAN

Perekonomian dunia Islam terus meningkat dan mendapat tempat.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016