Tak Jadi Syarat Kelulusan, Nilai UN SMA Justru Meningkat

Pelajar SMP jalani Ujian Nasional.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin

VIVA.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan secara bertahap mengumumkan perolehan hasil Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat. Anies berharap bahwa dari hasil perolehan ini, pemerintah daerah dan masyarakat akan menjadikan pemetaan hasil Ujian Nasional sebagai bahan perbaikan mutu pendidikan daerahnya.

"Secara nasional, rata-rata nilai Ujian Nasional naik 0,3 poin menjadi 61,3. Artinya kekhawatiran bahwa nilai Ujian Nasional akan jatuh saat UN tidak lagi menjadi syarat kelulusan tidak terbukti. Kondisi ini jelas lebih baik dari pada tahun 2014," kata Anies dalam konferensi pers di kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat 15 Mei 2015.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

Dalam data yang diberikan oleh Kemendikbud, rata-rata nilai di tahun 2015 memang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, baik itu sekolah negeri ataupun swasta. Jika di 2014 nilai rata-rata keseluruhannya adalah 61,00, maka di tahun ini meningkat menjadi 61,29 atau 61,3.

"Artinya kinerja anak-anak tetap baik, meskipun UN tidak jadi syarat kelulusan. Nyatanya nilai anak-anak lebih baik," tegas Anies.

Dalam data tersebut juga diketahui, dari 758.055 peserta UN SMA program studi IPA, ada sekitar 26,57% yang perolehan nilainya mencapai kurang dari sama dengan 55, yakni standar minimal nilai kelulusan. Sedangkan untuk program studi IPS, dari 852.870 peserta, ada 43,92% yang perolehan nilainya mencapai kurang dari sama dengan 55.

"Tahun ini juga adalah tahun transisi. Kami akan terus memperbaiki ekosistem penilaian pendidikan secara keseluruhan pada tahun-tahun mendatang," kata Anies.

Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C
Sejumlah siswa-siswi mengikuti Ujian Nasional.

UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker

Masalah pengaduan UN 2016 turun 50 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016