Penjelasan Aher Usai Diperiksa Kasus Stadion Gedebage

Sumber :
  • Antara/ Fahrul Jayadiputra
VIVA.co.id
Peluang Juara Kecil, Persib Targetkan Finis 4 Besar TSC
- Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Mabes Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, terkait pembangunan Stadion Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

Bomber Persib Tepikan Ego Saat Hadapi Persela

"Kapasitas saya sebagai gubernur pemegang kebijakan keuangan tingkat Provinsi tentu punya wewenang sesuai Undang-undang memberikan bantuan," tutur Aher, di kompleks Bareskrim, Jalan Trnuojoyo3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Mei 2015.
Babak I, Arema Cronus Vs Persib Masih Sama Kuat


Akan tetapi, kata Aher, apabila bantuan tersebut sudah jatuh ke Pemerintah Kota Bandung, maka seluruhnya baik perencanaan, tender, pelaksanaan, pendayaangunaan termasuk pengawasan semuanya sudah tanggung jawab Pemkot Bandung.


Aher menjelaskan, dalam pembangunan Stadion Gedebage ini, sejak dari tahun 2007 sudah ada bantuan dana dari Pemrov Jawa Barat. Kemudian pada tahun 2008 pmerintah tidak ada bantuan. 2009 Pemrov mengucurkan dana kembali, 2010 tidak ada bantuan, dan mulai dari 2011 sampai 2013 ada bantuan lagi.


Aher pun menjelaskan rinciannya. Pada 2007 Rp10 miliar, 2009 Rp125 miliar, 2011 Rp50 miliar, 2012 Rp100 milyar, dan 2013 Rp50 milyar. Jadi, total keselurahnya Rp335 milyar selama lima tahun anggaran.


"Bantuan ini sudah sesuai prosedur perundang-undangan. Kalau sudah masuk rekening Kota Bandung sepenuhnya pengawasan di sana," kata Aher.


Menurut Politisi PKS itu, secara hukum apabila Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sudah masuk kota Bandung, maka pengawasan semuanya ada di sana. Begitu juga pengawasan dari Pemrov, BPK, dan BPKP pasti ada.


Namun, dalam perjalannya, Aher menambahkan, kasus pembangunan yang dijadikan kebanggaan warga Bandung itu ada penyimpangan dalam pembangunannya.


"Semuanya kecewa. Jangankan masyarakat, saya saja kecewa. Kami mengidamkan stadion besar kebanggaan warga Jabar, kok dalam perjalannya ada penyimpangan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya