Beragam Acara Digelar di Kalimas Surabaya Nanti Malam

Persiapan lomba dayung perahu naga di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA/MZ Abidin

VIVA.co.id - Sepanjang bulan ini, masyarakat Kota Surabaya, akan dimanjakan dengan berbagai tontonan menarik, berkaitan dengan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-722. Akhir pekan ini, Festival Kalimas akan digelar, tepatnya pada 16 hingga 17 Mei 2015 nanti malam.

Ada Festival Perahu Naga di Depok

Asisten I Sekkota Surabaya (bidang pemerintahan), Yayuk Eko Agustin, mengatakan, tujuan utama Festival Kalimas, yakni untuk menghidupkan kembali sungai kebanggaan warga Surabaya itu. Kalimas memang sudah lama menjadi ikon Surabaya.

Posisinya yang membelah kota, membuat sungai ini dijadikan ‘denyut nadi’ utama aktivitas hilir-mudik perahu kecil sejak zaman pendudukan Belanda. Meski tak lagi difungsikan sebagai rute kapal pengangkut komoditi, namun Kalimas hingga kini masih menyimpan nuansa historis yang kental.

Tambah 4 Emas, Indonesia Pepet Perolehan Medali Malaysia

“Kalimas kini sudah sangat bersih. Karenanya, harus dimanfaatkan sebagai bagian dari identitas kota ini,” kata Yayuk.

Festival Kalimas akan difokuskan pada tiga titik, yaitu Taman Skatepark dan BMX, Taman Ekspresi, serta Taman Prestasi. Yayuk menjelaskan, beberapa kegiatan yang dapat dijumpai di festival ini, antara lain lomba dayung perahu naga dan hiburan musik.

Legenda Komedi Surabaya Wafat, Ludruk Terancam Lenyap

Uniknya, seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan pada malam hari. Dan, untuk menambah kesan menarik, di sepanjang Kalimas, mulai dari monumen kapal selam (monkasel) sampai Taman Ekspresi (depan Hotel WETA), akan dihiasi lampion. Tata lampu juga sudah disiapkan, agar pengunjung dapat melihat segala aktivitas di atas sungai dengan jelas.

Yayuk juga menambahkan, pada saat penyelenggaraan, sepanjang Jalan Ketabang Kali akan disterilkan dari kendaraan bermotor. Hal tersebut dilakukan, agar warga nyaman menyaksikan Festival Kalimas. (asp)

Perahu tradisional di Indonesia

Kayu Menipis, Perajin Perahu Tradisional Terhimpit

Kini sungai-sungai dipenuhi oleh perahu berbahan fiber.

img_title
VIVA.co.id
16 November 2015