Batu Akik Ini Punya Khasiat Anti Sihir

Batu akik dari Bali
Sumber :
  • Bobby Andalan/Bali/ VIVA

VIVA.co.id - Tak hanya terkenal lewat keindahan alamnya, Pulau Bali kini tersohor berkat batu akiknya. Ya, Bali memiliki batu akik khas asal Pulau Seribu Pura ini.

Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar

Namanya batu akik badar. Haji Imam Buhari, kolektor batu akik asal Bali, menjelaskan, batu akik asal Bali berasal dari satu sumber, yakni batu badar. Batu asli Bali ini berasal dari wilayah Pulaki di sekitar Bali utara. Kendati begitu, batu badar ini memiliki tiga jenis.

"Batu badar besi urat kawat, batu badar serat emas dan batu krisna," kata Haji Buhori saat ditemui di kediamannya di Jalan Merpati Gang V Nomor 24 Monang Maning, Denpasar, Minggu 16 Mei 2015.

Haji Buhori memiliki beberapa koleksi batu badar, mulai dari yang berbentuk bongkahan hingga yang telah dipoles dan diikat dengan cincin. Batu asli Bali ini, kata dia, memiliki keunikan tersendiri yakni mengandung unsur logam emas dan jenis logam lainnya. Lantaran mengandung logam, maka ciri khas batu badar asli Bali ini akan menempel pada magnet.

Untuk batu jenis krishna mempunyai ciri khas tembus dan berwarna hijau seperti lumut jika disenter. Selain berwarna hijau, batu krisna juga lengket jika ditempel pada magnet.

Kopi Terakhir Pedagang Akik sebelum Lapaknya Digusur

"Batu Krisna warnanya hijau lumut jika kena senter tembus, kalau tidak ada ciri itu, bukan. Batu Pulaki sebagian besar batu khas Bali ini ciri khasnya nempel di magnet," kata dia.

Selain diburu karena keindahannya, batu akik asli Bali itu juga memiliki khasiat spiritual. Menurut Haji Buhari, batu badar asal Pulaki ini dapat menangkal ilmu hitam alias sihir.

"Batu ini ampuh luar biasa khasiatnya sebagai penolak bala. Dia juga sebagai penolak racun dan bisa digunakan sebagai obat herbal batu. Batu asli Bali memiliki aura spiritual tinggi," katanya.

Karena banyak diburu, maka keberadaan batu ini mulai langka. Kelangkaan karena penambangan batunya di wilayah Bali utara sudah dilarang oleh pemerintah karena dapat merusak lingkungan. Akibatnya, harga batu akik asli Bali ini melambung tinggi mulai dari ratusan hingga miliaran rupiah tergantung kualitas, keindahan dan kelangkaan dari batu tersebut.

Batu Garut Suvenir PON XIX, Bernama 'Dasi Koboi'

"Batu akik khas Bali ini hanya ada di tiga pura besar di Bali yakni Pura Pulaki, Lempuyang, dan Pura Uluwatu," kata Haji Buhari. (one)

Batu Akik Souvenir PON XIX Tahun 2016

Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar

Untuk cenderamata peraih medali emas di PON XIX.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016