UN SMA, Kota Yogyakarta Paling Jujur Se-Indonesia

Anies Baswedan di Pesta Blogger 2011
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Indeks integritas Ujian Nasional di Indonesia masih cukup rendah. Ini karena hanya ada tujuh daerah yang berhasil meraih Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) di atas angka 80 persen. Artinya indeks kecurangan di kota Yogya kurang dari 20 persen.

Sistem 'Full Day School' Dinilai Cocok Hanya untuk SMA

Kota Yogyakarta sukses meraih indeks integritas tertinggi pada pelaksanaan Ujian Nasional dengan skor IIUN SMA/MA 82,47 persen. Sebaliknya, Kabupaten Buru Selatan, Maluku hanya meraih skor IIUN 19,60 persen.
Mendikbud Anteng Kena 'Bully' Soal Full Day School


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, hasil IIUN menjadi bagian dari pemerintah untuk mendorong sekolah di berbagai daerah menjadi ruang belajar yang berprestasi unggul dan berintegritas.


"Jadi fakta bahwa nilai kejujuran masih memprihatinkan. Ini karena sudah lama sikap mendiamkan," kata Anies di Gedung Kemendikbud, Jakarta, saat merilis Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tingkat Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, senin 18 Mei 2015.


Secara khusus, lanjut Anies, IIUN tak hanya ditujukan untuk menjadi bahan perbaikan integritas proses pendidikan di kalangan siswa, guru dan sekolah. IIUN bahkan diharapkan bisa mengembalikan praktek kejujuran dan berintegritas di seluruh aspek kehidupan bangsa.


"Mulai sekarang laporan kecurangan UN akan diungkap untuk perbaikan pendidikan ke depan."


Tujuh daerah terbaik yang meraih Indeks Integritas tertinggi antara lain Kota Yogyakarta, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Bengkulu, Kepulauan Riau, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur. Tujuh daerah itu memiliki tingkat kecurangan antara 10-20 persen.


Yogyakarta memiliki persentase kecurangan terendah lantaran hanya ada satu sekolah yang terindikasi melakukan kecurangan dalam ujian nasional SMA/UN 2015. Tahun lalu Yogyakarta juga menjadi daerah dengan indeks integritas tertinggi.





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya