Indeks Integritas Ujian Nasional Masih di Bawah 70

Ilustrasi Ujian Nasional.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin
VIVA.co.id
UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali merilis Indeks Integritas Ujian Nasional tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia. Secara umum, indeks integritas nasional tercatat masih cukup rendah atau masih berada di bawah angka 70.

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Anies Baswedan menyebut akan mengirimkan laporan hasil UN ini kepada semua gubernur, bupati dan walikota untuk menjadi bahan agar meningkatkan pendidikan di semua aspek.
Pelajaran yang Sulitkan Stuart Collin saat Ujian Paket C


Kepala daerah dituntut agar menekankan pentingnya integritas kepada sekolah-sekolah di wilayahya.


"Ini catatan untuk kepala daerah, kejujuran di sekolah-sekolah harus diajarkan, dibiasakan, didisiplinkan, sehingga jadi kebiasaan dan jadi kebudayaan," kata Anies di Gedung Kemendikbud Jakarta, Senin 18 Mei 2015.


Dari data Kemendikbud, terdapat tujuh provinsi yang memiliki tingkat kejujuran paling tinggi yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Bengkulu, Kepulauan Riau, Gorontalo dan Nusa Tenggara Timur, di mana presentase kecurangannya di bawah 20 persen.


"Kalau bicara Indonesia kedepan, kita butuh anak indonesia jujur," ujarnya.


Anies berharap, data ini dapat menjadi bahan evaluasi, baik masyarakat, orang tua, guru, dan bupati/walikota. "Lingkungan kita dorong untuk jujur," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya