Sepekan, Indonesia Tampung 1.346 Pengungsi Rohingya

Ratusan migran Rohingya yang tiba di Aceh.
Sumber :
  • REUTERS/Roni Bintang

VIVA.co.id - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, saat ini sudah lebih dari 1.300 pengungsi Rohingya yang telah ditampung di wilayah Indonesia. Jumlah itu didapat setelah selama sepekan etnis Rohingya merapat ke Indonesia.

Myanmar Diminta Tak Diskriminatif Terhadap Rohingya

"Angka pastinya 1.346. Jadi gelombang pertama adalah 558, dan kemudian gelombang selanjutnya ada 3 kali, pertama 644, lalu 47, dan 96. Jadi jumlah yang sudah berada di wilayah kita adalah 1.346," kata Retno di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 19 Mei 2015.

Guna mengatasi hal ini, pemerintah Indonesia sudah bekerja sama dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan badan PBB untuk penanganan pengungsi, UNHCR.

Nobel Perdamaian Suu Kyi Diserukan untuk Dicabut

"Kita sudah take care mereka baik dalam bentuk penyediaan shelter, papan, pangan, dan obat-obatan yang diperlukan apabila kondisi kesehatan mereka tidak baik," kata dia.

Tak hanya Rohingya, pemerintah Indonesia hingga Maret 2015 juga telah menampung sekitar 11.941 pengungsi.

Suu Kyi: Saya Tak Tahu Bakal Diwawancara Muslim

"Sedang menunggu, baik sedang diverifikasi, maupun sedang menunggu masa penempatan resettlement ke negara ketiga. Oleh karena itu saya ingin menekankan sekali lagi. Bahwa masalah ireguler minors bukan masalah satu atau dua negara. Ini adalah masalah regional dan di tempat lain juga terjadi. Sehingga ini juga menjadi masalah internasional," ujarnya menambahkan.

Setelah diverifikasi oleh UNHCR dan IOM, maka akan ditemukan apakah mereka adalah pengungsi atau orang yang bermigrasi karena masalah ekonomi.

"Kalau economic migration maka akan dilakukan repatriasi."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya