Jatuh di Kawah Merapi, Jasad Erri Dimakamkan Malam Ini

Pendaki Merapi
Sumber :
  • @bpptkg
VIVA.co.id
Angkat Jasad Pendaki di Merapi, Relawan Terima Penghargaan
- Jasad Erri Yunanto, mahasiswa Fakultas Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang jatuh ke kawah Gunung Merapi dikebumikan di pemakaman umum dekat rumah orangtuanya di Dusun Biru, Sleman.

Kisah Heroik Penyelamatan Pendaki di Kawah Gunung Mematikan

"Jika tidak terlalu malam datangnya akan langsung dimakamkam. Semula keluarga sempat bingung tentang kabar yang beredar terkait evakuasi jenazah," kata Sentot Haryawan, keluarga almarhum Erri, Selasa 19 Mei 2015.
Pesan Terakhir Erri Sebelum Jatuh di Kawah Gunung Merapi


Lokasi pemakaman umum tempat Erri dikebumikan berada sekitar 200 meter dari kediaman orangtuanya. Sebelumnya, jasad Erri sempat dievakuasi untuk dimandikan dan disalatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Boyolali, Jawa Tengah usai berhasil dievakuasi tim SAR dari kawah Gunung Merapi.


"Berangkat ke Yogya sekitar jam 18.45 WIB tadi dari Boyolali menuju rumah duka. Rombongan dari UAJY juga ikut dari Boyolali hingga rumah duka," kata Vita, Kepala Humas UAJY.


Pelayat berdatangan ke rumah duka sejak kabar telah ditemukannya Erri di kawah Merapi dalam kondisi sudah tidak bernyawa.


Erri Yunanto jatuh ke kawah Gunung Merapi berkedalaman 100 hingga 200 meter pada pukul 11.00 WIB, Sabtu pekan lalu. Erri jatuh akibat terpelesat saat akan berusaha menuruni puncak Merapi yang sempat didakinya untuk berfoto.


Proses evakuasi jasad Erri di kawah Merapi tidak mudah. Tim SAR terpaksa menerjunkan tim
vertical rescue
untuk dapat membawa jasad Erri dari dalam jurang ke bibir jurang.


Bahkan, jasad Erri sempat diinapkan dengan cara digantung dengan tali selama satu malam di dalam jurang tepatnya di teras Blank 50 kawah Merapi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya