Empat Ekor Ikan Paus Dekati Pantai di Bali

Melihat Paus Berburu Anak Singa laut
Sumber :
  • REUTERS/Maxi Jonas

VIVA.co.id - Empat ekor ikan paus mendekat ke pesisir Pantai Padang Galak, Kesiman, Denpasar, Bali, Jumat, 22 Mei 2015. Mereka hanya berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai dengan kedalaman kurang dari 5 meter.

Beberapa penduduk sekitar Padang Galak terlihat asyik mengamati ikan yang dilindungi tersebut. Kabar mendekatnya ikan paus itu membuat beberapa aktivis LSM lingkungan seperti Coral Reef Alliance Indonesia dan petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan mendatangi lokasi.

Menurut Kepala Bidang Pengawasan Kelautan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, I Made Sudarsana, dari ciri-ciri fisik, ikan tersebut masuk pada jenis paus berukuran sedang. Dia menduga, ikan tersebut jenis paus mini.

Pesona Pantai Pandawa yang Menggoda

"Yang pasti, ikan itu termasuk satwa dilindungi sehingga kami akan berusaha melakukan penyelamatan. Jangan sampai ikan paus mendekat karena akan membahayakan keselamatannya," kata Sudarsana.

Sudarsana mengatakan, instansinya akan berkoordinasi dengan SAR Denpasar untuk menghalau ikan-ikan itu ke tengah laut. Sampai siang ini, petugas dan aktivis lingkungan di lokasi menunggu datangnya kapal rubber boat untuk evakuasi dan menghalau ke tengah laut.

Paus Sperma Mati Terdampar di Pantai Alue Naga Aceh
Paus orca yang lebih tua dari kapal Titanic

Paus Pembunuh Lebih Tua dari Kapal Titanic Muncul Lagi

Paus orca itu muncul di lepas pantai Washington pada 27 Juli.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016