Turis ke Bali Diimbau Hati-hati, Banyak Jasa Wisata Ilegal

Pantai Kuta, Bali
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia
- Pemerintah Provinsi Bali mengingatkan masyarakat yang hendak berwisata ke pulau dewata itu, terutama yang menggunakan jasa biro perjalanan wisata. Ditengarai banyak jasa biro perjalanan wisata ilegal alias tak berizin dan tak mempekerjakan pemandu lokal sesuai amanat Peraturan Daerah.

Geng Satu Darah Asal Belanda Bikin Onar di Kuta

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bali telah diperintahkan untuk menertibkan biro perjalanan wisata yang beroperasi di Bali. Satpol mulai rutin menggelar inspeksi mendadak untuk mengecek seluruh biro perjalanan wisata.
Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata


Dalam inspeksi mendadak yang digelar di Jembrana, kemarin, Satpol PP menemukan empat dari 22 biro perjalanan wisata ilegal dan melanggar Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Bali Nomor 1 Tahun 2010 tentang Usaha Jasa Perjalanan Wisata. Dua paket tur melanggar namun telah berkomitmen sanggup bekerja sama dengan biro perjalanan wisata atau pemandu lokal. Sedangkan dua paket tur lain tidak memiliki biro perjalanan wisata sama sekali.


“Itu (penyelenggara paket tur) kami panggil untuk proses penyidikan lebih lanjut," kata Kepala Seksi Penegakan Hukum Satpol PP Bali, I Ketut Pongres, di Denpasar, kemarin.


"Sidak itu kami dilakukan karena akhir-akhir ini banyak paket wisata dari luar Bali yang melanggar Perda. Itu biasanya paket-paket tur siswa. Hal ini sangat membahayakan karena paket tur tersebut ilegal," Pongres menambahkan.


Dia menjelaskan, paket tur wisata itu banyak melanggar Pasal 13 Ayat (2) Perda Nomor 1 Tahun 2010. "Biro perjalanan wisata luar daerah yang akan menyelenggarakan kegiatan di Bali wajib bekerja sama dengam biro paket wisata dan
guide
(pemandu wisata) di Bali," ujarnya.


Pongres mengimbau masyarakat yang mau ikut paket tur ke Bali agar menanyakan perizinan biro perjalanan wisata yang menyelenggarakan paket wisata. Untuk mencegah adanya paket wisata ilegal dari luar Bali, Satpol PP memastikan rutin melakukan inspeksi di Pelabuhan Gilimanuk atau di toko oleh-oleh dan objek wisata di Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya