Komisi I DPR: Jangan Terpancing Provokasi OPM

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan

VIVA.co.id - Pimpinan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang bermarkas di Lany Jaya, Papua, Puron Wenda dan Enden Wanimbo, menantang Indonesia berperang secara terbuka. Namun, Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, meminta aparat agar tidak terpengaruh.

Eks OPM Minta Amnesti, Menkopolhukam Pikir-pikir

"‎TNI jangan terpancing dengan provokasi gerakan-gerakan kriminal bersenjata maupun gerakan separatis," kata Mahfudz saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin, 25 Mei 2015.

Mahfudz mengatakan, TNI harus tetap low-profile dengan mengedepankan smart-power. Selain itu, mereka harus mengoptimalkan operasi intelijen serta bekerjasama dengan institusi lain.

Polri Pegang Identitas Penyerang Polsek Sinak

"Gerakan separatis seperti OPM memang ingin pemerintah bereaksi dengan hard-power, kerena mereka akan ambil keuntungan banyak dari itu," ujarnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini menjelaskan, ada kepentingan besar di belakang OPM. Menurut dia, masalah Papua tidak akan pernah bisa dipisahkan dari kepentingan aktor-aktor luar negeri.

'Keukeuh' Ingin Merdeka, OPM Menolak Dialog

"Jadi saya minta TNI dan pemerintah tidak terpancing."

Dia menambahkan, dinamika kawasan Papua semakin rentan dalam konflik politik dan militer. Kondisi tersebut harus diperhatikan serius oleh pemerintah pusat.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya