BPOM Serahkan Hasil Uji Lab Beras Plastik ke Polisi

Satu keluarga di Depok, Jawa Barat, keracunan beras plastik
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/ Depok

VIVA.co.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah selesai melakukan uji sample beras plastik yang beredar di pasaran. Lembaga itu langsung menyerahkan hasilnya kepada kepolisian untuk dijadikan sebagai barang bukti.

"Badan POM telah selesai uji sampel yang diberikan oleh Polri. Jadi hasilnya tentu kami serahkan kepada Polri," kata Kepala BPOM, Roy Sparingga di Istana Negara, Jakarta, Senin, 25 Mei 2015.

BPOM Minta Pemerintah Terbitkan Regulasi Pengawasaan Makanan

Namun, Roy enggan mengatakan hasil dari uji laboratorium beras yang diduga sintetis tersebut. Sebab, hal itu adalah sampel penyidikan.

"Tentu Polri yang berhak untuk ini ditindaklanjuti," ujarnya menambahkan.

BPOM Masih Periksa Kandungan Bahan Pokok Mi Bikini

Hasil uji laboratorium itu, kata Roy, sudah rampung pada hari Jumat pekan lalu. Sehingga dipastikan hari ini kepolisian sudah menerima hasilnya.

Roy mengatakan, uji laboratorium dilakukan untuk menguji kandungan zat pada beras yang diduga palsu tersebut. Uji sample juga bertujuan untuk mengetahui resiko bagi orang yang telah mengonsumsi beras itu.

BPOM: Pengedar Miras Kemasan Bisa Dijerat UU Pangan

Sebelumnya, Mabes Polri menyatakan belum bisa menyelidiki asal muasal beras yang diduga plastik yang ditemukan beredar di Pasar Tanah Merah Mutiara Gading, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Polri masih menunggu hasil uji laboratorium yang tengah dilakukan BPOM. Meski Polri belum bisa memastikan asal beras tersebut, namun Kepala Polri Jenderal Badrodin menduga ada celah di pintu masuk di Indonesia yang mengakibatkan masuknya beras yang diduga berbahan baku sintetis itu.

(mus)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya