Jokowi Minta Menterinya Amankan Kebutuhan Lebaran

Presiden Jokowi Tinjau Gudang Bulok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id -
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
Presiden Joko Widodo meminta seluruh menterinya memastikan kebutuhan pokok masyarakat pada saat Ramadan dan Lebaran bisa terpenuhi. Tak hanya soal pangan, tetapi juga infrastruktur.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

"Rencana kerja jangka pendek, terutama jelang puasa dan Lebaran, harus ditekankan ada terobosan problem yang menjadikan itu dampaknya bisa dirasakan langsung untuk rakyat," kata Jokowi dalam pembukaan rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 25 Mei 2015.
Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi


Menurut Jokowi, harus ada kemajuan dalam kesiapan di bidang transportasi dan infrastruktur. Kemudian, harus dipastikan pula kebutuhan pokok rakyat tersedia dengan harga yang terjangkau. Kebutuhan pokok rakyat harus benar-benar dihitung.


Kemudian, Presiden melanjutkan, pembangunan lainnya seperti infrastruktur, pertanian, perikanan, energi, dan pariwisata harus segera dibangun serta diprioritaskan untuk masyarakat kecil, perbatasan, dan pinggiran.


"Para menteri dan seluruh pemimpin lembaga negara harus selalu
hands on
dengan seluruh masalah yang ada di bawahnya. Harus buat terobosan tanpa langgar aturan. Agar pembangunan bisa lebih cepat, bisa dirasakan manfaatnya untuk rakyat," tuturnya.


Jokowi mencontohkan, kebijakan untuk nelayan harus berpihak pada kelompok marginal. Lalu petani, juga harus mengamankan panen serta pasokannya.


Untuk pariwisata, harus mengembangkan terutama di sisi Indonesia bagian timur. Sementara itu, untuk UKM harus mengembangkan jiwa kewirausahaan dari mental pencari kerja menjadi mental pencipta lapangan pekerjaan.


"Infrastruktur, amankan jalur mudik Lebaran dan arus barang," tutur dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya