Menteri PU: Tol Pantura Siap Dilalui Pemudik Lebaran

Pembangunan jalan tol
Sumber :
  • Antara/ Indrianto Eko Suwarso
VIVA.co.id
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M Basuki Hadimuljono, mengklaim Tol Cikopo-Palimanan yang melintasi jalan utama di sepanjang panti utara Jawa dapat segera dioperasikan. Tol itu pun dapat dilalui para pemudik Lebaran nanti.

Bos Waskita Tak Cemas Anggaran Pemerintah Dipangkas

"Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Rencananya 4 Juni nanti bersama Menhub (Menteri Perhubungan) dan Kapolri (Kepala Polri), kami akan menelusuri pantura untuk mengecek kondisi jalan," kata Basuki di Yogyakarta, Selasa, 26 Mei 2015.
Pemerintah Tegas Larang BUMN Garap Proyek Kurang Rp50 Miliar


Ruas Tol Cikopo-Palimanan yang sudah bisa digunakan adalah sepanjang 116 kilometer. Dilanjutkan dengan Palimanan menuju Pejagan dan dari Pejagan ke Brebes Timur. "Mudah-mudahan jalur pantura, tol maupun jalur biasa, sudah dapat digunakan sehingga dapat memecah kepadatan arus mudik saat Lebaran nanti," katanya.


Menteri menjelaskan, pengerjaan Tol Cikopo-Palimanan sudah mencapai 95 persen. Untuk jalur sepanjang 116 kilometer sudah selesai.


"Dari 199 jembatan, tinggal Jembatan Ciherang yang awal minggu lalu sudah dicor. Diharapkan pada 4 Juni sudah bisa dilalui,” ujarnya.


Sedangkan untuk jalur Selatan, menurut Basuki, jalur Brebes menuju Purwokerto yang sudah diperbaiki dari daerah Wangon, Kebumen, Purworejo. "Mudah-mudahan prasarananya lebih siap. Tinggal pengaturan lalu lintas, manajemen lalu lintas, dan perilaku penggunanya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya