Menteri Pertanian: Plastik Lebih Mahal dari Beras

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman
Sumber :
VIVA.co.id
Indonesia Terancam Krisis Petani
- Kementerian Pertanian menyatakan akan terus menyelidiki keberadaan dan kebenaran terkait maraknya isu beras plastik yang saat ini diduga sudah banyak beredar di sejumlah wilayah Indonesia.

Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengatakan keberadaan beras sintetis ini sudah ditindaklanjuti dengan bekerja sama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang telah melakukan penelitian uji sampel laboratorium.
Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN


"Kita masih menunggu hasilnya (uji sampel BPOM) apa benar ini benar beras plastik, dan kita juga menunggu dari pihak kepolisian," ujar Andi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 26 Mei 2015


Andi menjelaskan, meski hasil kebenaran beras plastik ini belum diketahui, akan tetapi Andi merasa kebenaran beras plastik yang pertama heboh di dunia maya ini tidak benar.


Karena menurutnya, jika bisnis beras plastik ini memang ada, itu dinilai bukan bagian dari bisnis yang menguntungkan.


"Kami berikan pandangan bahwa harga plastik jauh lebih tinggi dari beras, misal harga plastik Rp12 ribu per kilo gram, beras Rp7-8 ribu per kilo gram. Ini kalau dikomersialkan langsung saja jual ke plastiknya. Jadi, ini merugikan kalau dicampur ke beras," kata Andi


Meski begitu, Andi melanjutkan, apapun nantinya kebenaran adanya isu beras plastik itu, pihaknya akan menyerahkan ke pihak kepolisian, karena sudah berkaitan dengan hukum.


"Kalaupun benar, ya kalau benar ini harus ditindak tegas sesuai dengan hukum," ujarnya


Selain itu, Andi meminta kepada masyarakat, untuk tetap bisa menyikapi masalah ini dengan bijak, dan jangan sampai ada yang berusaha memperkeruh suasana.


"Saya minta masyarakat Indonesia tenang, ini tak terjadi pada tempat yang lain, dan jangan sampai menyebar luas," ujar Andi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya