BPOM Nyatakan Tidak Ada Beras Plastik

Uji sampel beras beras plastik
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
VIVA.co.id
BPOM Minta Pemerintah Terbitkan Regulasi Pengawasaan Makanan
- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan tidak ada beras plastik yang beredar di tengah masyarakat. Hasil uji laboratorium terhadap sample beras plastik negatif mengandung bahan tersebut. 

BPOM Masih Periksa Kandungan Bahan Pokok Mi Bikini

"Hasil uji telah diumumkan oleh Kapolri, Menteri Perdagangan, dan saya sendiri. Masyarakat diimbau tenang sebab tidak terbukti (ada beras plastik)," kata Kepala BPOM, Roy Sparringa, di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Rabu 27 Mei 2015.
BPOM: Pengedar Miras Kemasan Bisa Dijerat UU Pangan


Uji laboratorium BPOM dilakukan terhadap 25 sample beras dari luar Jabodetabek. Hasil uji tersebut juga dilakukan oleh kementerian dan Polri yang hasilnya juga negatif mengandung plastik.


"Hasil Kementerian Pertanian negatif, Polri negatif, Kementerian Perdagangan negatif. Ada 25 sample di luar Jabodetabek dan menunjukkan hasil yang negatif," kata dia.


Roy mengatakan, lembaganya juga menerima hasil uji laboratorium dari Badan Pengkajian dan Penelitian Teknologi (BPPT). Namun, hasil uji lab 25 sample beras plastik itu tidak mengandung unsur polimer.


"Tambahan lagi, kami ada sentra polimer di BPPT dan baru diterima juga hasil yang sama bahwa beras itu negatif mengandung polimer. Jadi, masyarakat diimbau tenang."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya