Penuhi Permintaan DPR, BPK Akan Audit KPU

Achsanul Qosasih
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI bakal segera menindaklanjuti permintaan audit dana Pilkada serentak di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasalnya, dana tersebut membengkak menjadi Rp7 triliun dari penganggaran sebelumnya sebesar Rp4 triliun.

Ketua KPU: Ahok Siap-siap Kena Sanksi Bawaslu

"Kita sudah terima surat permintaan dari DPR Selasa (26/5) sore. Besok kita ke DPR jam 13.00 WIB untuk melakukan konsultasi," ujar anggota BPK, Achsanul Qosasi kepada VIVA.co.id, Rabu, 27 Mei 2015.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan telah menerima usulan dari Komisi II untuk mengaudit anggaran KPU. Rencananya, Kamis besok DPR akan mengundang BPK untuk membahas hal tersebut. "Kita harapkan dalam rapat paripurna pimpinan komisi hadir, karena ada yang akan disampaikan," katanya di gedung DPR RI, Jakarta, Senin, 25 Mei 2015.

Pencalonan Pilkada Segera Dimulai, 5 PKPU Belum Disahkan

Sejumlah permasalahan KPU yang mendapat sorotan antaran lain soal kendaraan kampanye, pengamanan kepolisian, serta penganggaran. Permintaan audit ke BPK diharapkan mampu mengurangi masalah KPU dalam pelaksanaan Pilkada serentak mendatang.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarul Zaman mendesak BPK melakukan audit kinerja dan keuangan KPU. Hal itu dilakukan terkait membengkaknya anggaran Pilkada serentak. "Awalnya kan anggaran Rp4 triliun, tapi kenapa sekarang naik hampir Rp7 triliun. Ada kenaikan hampir Rp3 triliun. Itu jumlahnya besar. Katanya kan mau efisien," katanya di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis, 21 Mei 2015.

Rambe mengatakan, KPU tidak boleh menolak audit yang dilakukan BPK. Sebab, untuk pencairan dana Pilkada, menurut Rambe, KPU memerlukan komisi II. "Jangan salahkan kami bila tidak keluar sebelum diaudit."

Wakil Ketua Komisi I Ini Pede Dicalonkan Jadi Gubernur Jabar

(mus)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Mendagri Tolak Jadi Ketua Pansel KPU

Alasannya agar nantinya pansel lebih bisa diterima masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016