Kontak Senjata di Poso Rusak Dua Patung di Pura

Pura Prajapati di Dusun Gayatri, Poso, mengalami kerusakan.
Sumber :
  • Mitha Meinansi
VIVA.co.id -
Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng
Dalam kontak senjata di Poso, Sulawesi Tengah, fasilitas persembahyangan umat Hindu di Pura Prajapati di Dusun Gayatri mengalami kerusakan. Pura tersebut, berada di sekitar lokasi kontak senjata antara aparat Brimob dengan terduga teroris di Poso.

Dorong TNI Tindak Tegas OPM, Bamsoet: Negara Tidak akan Kalah dengan Kelompok Separatis

Fasilitas Pura Pajapati yang mengalami kerusakan adalah dua patung, yang selama ini menjadi tempat umat Hindu di Dusun Gayatri, Desa Maranda, Kecamatan Poso Pesisir Utara, melakukan persembahyangan pada pelaksanaan acara pembakaran mayat (ngaben).
Dukung TNI Pakai Istilah OPM, Bamsoet: Urusan HAM Bicarakan Kemudian, Saya Siap Pasang Badan


Sebagai bentuk tanggung jawab kepolisian atas kerusakan tersebut, Kapolres Poso AKBP Ronny Suseno, memberikan bantuan uang tunai untuk biaya perbaikan kedua patung itu. Uang senilai jutaan rupiah itu diserahkan Kapolsek Poso Pesisir Utara (PPU), Ipda Arsyad, kepada Wayan Darto selaku Mangku di Pura Gayatri.


Kapolsek PPU Ipda Arsyad, kepada
VIVA.co.id,
meminta masyarakat di Kecamatan Poso Pesisir Utara, khususnya di Desa Maranda, agar tidak mudah terpancing dengan isu menyesatkan, yang dikait-kaitkan dengan peristiwa baku tembak tersebut. Polisi juga meminta maaf kepada warga setempat, atas pertistiwa yang terjadi di sekitar wilayah mereka.


Gusti Suardana yang merupakan tokoh adat setempat, saat mendampingi Wayan Darto, mengucapkan terima kasih kepada kepolisian atas pemberian bantuan tersebut.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres, yang sudi memperhatikan kami melalui bantuan dana. Semoga bantuan ini dapat segera kami realisasikan," ujar Gusti di sela-sela penyerahan bantuan pagi tadi.


Selain tokoh agama dan tokoh adat setempat, kegiatan penyerahan bantuan di Pura Gayatri tersebut, tutur dihadiri Kepala Desa Maranda, Moh. Ihsan Mompala, serta Kepala Dusun 1 Gayatri, Ketut Werto.


Usai kontak senjata tersebut, umat Hindu di Desa Maranda rencananya akan melakukan upacara penyucian Pura Gayatri pada pekan depan. Penyucian pura akan dilakukan untuk menghilangkan pura dari aura negatif.

 

Mitha Meinansi
(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya