Menteri ESDM : Surabaya Jadi Contoh Green City

Kota Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVA.co.id - Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, berjanji akan memberikan dukungan penuh kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, soal program-program energi baru terbarukan (EBT) yang diprogramkan untuk kebutuhan masyarakat Surabaya.

Tetangga Freddy Akui Kampungnya Sarang Narkoba

Menurut Sudirman, program EBT yang dicanangkan Risma, mengoptimalkan energi listrik dari sampah atau biomass, energi matahari atau solar cell dan penggunaan bahan bakar gas (BBG) sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM).

"Jadi, harus diketahui, Ibu Risma ini merupakan tokoh yang lebih dahulu menjalani dinamika perubahan yang luar biasa di sektor energi. Termasuk untuk percepatan energi baru terbarukan," ujar Sudirman di kantornya, Jakarta, Jumat 29 Mei 2015.

Sudirman mengatakan, pemerintah akan menjadikan Surabaya menjadi proyek percontohan pengembangan energi baru dan terbarukan. Dia berharap, dalam dua hingga tiga tahun ke depan, kota tersebut bisa menjadi green city di Indonesia.

"Program ini sejalan dengan semangat pemerintah untuk mengembangkan energi baru dan terbarukan di dalam negeri. Selama ini, sampah jadi masalah yang tidak beres. Tapi nanti sampah jadi andalan untuk biomass. Intinya, dalam waktu cepat berbagai hal ini bisa jalan," kata dia.

Kemudian, dalam tindak lanjutnya ini, pemerintah nantinya menggelar pertemuan. Pertemuan ini terkait pengembangan energi jenis ini dengan mengundang para ahli energi baru terbarukan dan Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah.

"Kami sepakat untuk menjalin komunikasi satu sama lain. Dan dengan para pemimpin, akan kumpul di Surabaya dan teman-teman leader untuk mendapat tugas menata sektor ini," tutur Sudirman. (ase)

Makam

Kiai NU Berpengaruh Wafat

Akibat kanker pankreas.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2016