Jokowi Klaim Tak Kompromi dengan Pembalakan Liar

Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah isu dalam KTT Rusia-ASEAN di Sochi
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo menyatakan, dia akan menindak tegas pelaku pembalakan hutan, pencuri ikan dan penambangan liar. Langkah itu diambil guna mencegah kerusakan lingkungan yang kian parah.

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017

"Saya hanya ingin menegaskan kembali arahan yang sudah saya sampaikan bahwa tidak ada kompromi untuk illegal fishing, illegal mining, illegal logging, yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang luar biasa," kata Jokowi usai memberikan penghargaan Kalpataru di Istana Bogor, Jakarta, Jumat, 5 Juni 2015.

Jokowi juga memerintahkan kepada aparat untuk bertindak tegas kepada para pelaku pembalakan.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

"Saya sudah perintahkan agar ada langkah-langkah yang tegas dalam penegakan hukum," ujarnya menambahkan.

Presiden meminta, setiap kota dan kabupaten mempunyai ruang terbuka hijau laiknya Kebun Raya Bogor. Menurut dia, keberadaan kebun raksasa seperti Kebun Raya Bogor menunjukkan komitmen pemerintah daerah terhadap kelestarian lingkungan.

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi

"Kalau dulu bisa dibangun, kenapa sekarang tidak. Saya yakin dan meyakini semua bisa dilakukan."

Jokowi menyampaikan hal itu dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema 'Seven Billion Dreams, One Planet, Consum with Care'. Sementara, untuk peringatan tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup mengambil tema 'Mimpi dan aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi'.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya