Ratusan Perlintasan Kereta di Yogya Tanpa Palang Pintu

Ratusan Perlintasan Kereta di Jakarta Tanpa Palang Pintu
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
- Lalu-lintas kereta api saat arus mudik dan balik lebaran 2015 dipastikan akan meningkat tajam. Padahal terdapat ratusan perlintasan kereta api yang tak dilengkapi palang pintu sehingga masyarakat yang melintas di perlintasan kereta api tanpa palang pintu harus ekstra hati-hati.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Gatut Sutiyatmoko, Manager Corporate Communication PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, mengatakan di wilayahnya terdapat 500 lebih perlintasan kereta api. Namun baru sekitar 160 perlintasan yang dilengkapi palang pintu.
Menelusuri Jalur Kereta Terpendek di Dunia


"Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan jika melintas diperlintasan kereta api tanpa palang pintu," katanya, Sabtu 13 Juni 2015.


Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan maka PT KAI Daops 6 akan menempatkan petugas palang pintu ekstra di perlintasan kereta api tanpa palang pintu.


"Petugas akan ditempatkan di perlintasan kereta api tanpa palang pintu yang cukup ramai lalu-lintasnya," kata dia.


Lebih jauh Gatut juga mengatakan antisipasi jika terjadi banjir ataupun tanah longsor yang dapat mengganggu perjalanan kereta api, pihak sudah melakukan pembuatan gorong-gorong pada jalur kereta agar air dapat mengalir.


"Tanah-tanah di kanan-kiri perlintasan kereta api yang rawan longsor juga sudah dilakukan pengerasan," lanjut Gatut. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya