Kementerian Agama Tetapkan 1 Ramadhan Hari Kamis

komitmen kementerian agama membangun birokrasi yang berintegritas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id -
Lebaran 2015, Pendapatan PT KAI Melebihi Target.
Kementerian Agama menetapkan awal Ramadhan tahun ini (1436 Hijriah) pada Kamis, 18 Juni 2015. Keputusan itu diambil setelah Kemenag menggelar Sidang Isbat bersama sejumlah ormas Islam di Indonesia di kantor Kemenag, Jakarta.

Pengguna KRL Naik 26 Persen Selama Libur Lebaran

"1 Ramadhan baru akan jatuh pada esok lusa tepatnya hari Kamis, 18 Juni," kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers.
Mayoritas Pemudik dari Sumatera Sudah Kembali ke Jawa


Lukman menuturkan bahwa instansinya sudah menyebar 36 petugas untuk melihat hilal di seluruh wilayah Indonesia dari Barat hingga Timur. Hasilnya, tidak ada satupun yang melihat hilal.


"Atas dasar itu kemudian seluruh peserta Sidang Isbat bisa menyepakati bahwa karena saat ini hilal tidak bisa dilihat, tidak tampak, maka kemudian bulan Syaban saat ini diistigmalkan, dilengkapkan, disempurnakan menjadi 30 hari," ujar dia.


Lukman menjelaskan, Sidang Isbat dimulai setelah Maghrib sekitar pukul 18.20 WIB tadi. Sebelumnya diawali dengan paparan anggota Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya, yang menjelaskan posisi hilal pada saat ini tidak hanya dari wilayah Tanah Air melainkan juga dari seluruh penjuru dunia.


"Dan bisa disimpulkan dalam paparannya bahwa pasisi hilal itu berada di bawah ufuk, dan juga hilal itu terbenam lebih dahulu dibanding matahari sehingga bisa disimpulkan tidak ada satu pun bukti berdasarkan observasi astronomi bahwa hilal bisa dilihat pada saat itu," ucap Lukman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya