Ada Enam Calon Independen Pilkada di Jawa Tengah

Gambar peserta Pilkada Kota Padang 2013
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Arif Pribadi
VIVA.co.id
Soal Pencalonan Sandiaga Uno, PPP Masih Pikir-pikir
- Sebanyak enam pasangan calon Kepala Daerah telah mendaftarkan diri sebagai calon independen dalam Pilkada serentak 2015 di Jawa Tengah. Mereka dinyatakan memenuhi syarat-syarat pencalonan.

Ada Calon Independen Bukti Kaderisasi Parpol Tak Mulus

Keenam pasangan calon itu antara lain; pasangan calon dari Rembang (Abdul Khafidz-Bayu Andrean), Boyolali (Cahyo Sumarso-M. Yakni Anwar), Kota Pekalongan (Sujaka Martana-Fauzi Umar Lahji), Kota Magelang (Joko Prasetyo-Priyo Waspodo), Wonosobo (M. Suhardi-Joko Wiyono), dan Klaten (Mustafid Fauzan-Sri Harmanto).
Perludem: Syarat Calon Independen Dinaikkan Tak Berdasar


Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, enam pasangan calon yang memenuhi syarat akan melanjutkan seleksi tahap penelitian administrasi dan kegandaan persyaratan hingga Kamis 18 Juni 2015. KPU akan mengirimkan hasilnya ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) melalui PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk dilakukan verifikasi faktual.


Kemudian PPK akan merekap hasil verifikasi dalam sebuah rapat pleno yang akan berlangsung sampai Selasa 23 Juni 2015 mendatang.


"Jika hasilnya memenuhi syarat, maka calon yang bersangkutan bisa ikut mendaftar sebagai calon pada 26 sampai 29 Juli 2015," kata Joko di Semarang, Rabu 17 Juni 2015.


Menurut Joko, ada 13 pasangan calon yang mendaftar dari jalur independen pada Pilkada serentak yang digelar di 21 kabupaten/kota Desember 2015 mendatang. Namun, tidak semua pasangan dinyatakan memenuhi syarat pada tahap pendaftaran pasangan calon perseorangan.


Pasangan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat berasal dari Wonigiri, Klaten (satu pasangan), Demak, Kebumen, Kota Pekalongan (dua pasangan), dan Kendal.


"Alasan tak memenuhi syarat dukungan. Karena jumlahnya tidak mencukupi. Jadi pada saat menyerahkan dukungan dilakukan penghitungan jumlah dukungan."



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya