TNI AD Siapkan Enam Letnan Jenderal sebagai Calon KSAD

TNI AD Raih 30 Emas di AASAM 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Remaja Lebih Suka Garuda di Dadaku dari Garuda Pancasila
- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat sudah menyiapkan sedikitnya enam perwira tinggi sebagai calon Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Mereka disiapkan untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi Panglima TNI.

Resep Panglima TNI untuk Raih Cita-cita Tinggi

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, Brigadir Jenderal Wuryanto, mengatakan bahwa syarat untuk menjadi KSAD adalah perwira tinggi bintang tiga atau berpangkat letnan jenderal. Menurutnya, kini ada enam petinggi AD yang memenuhi syarat kepangkatan itu.
Panglima TNI: Tantangan Terberat Indonesia Mulai Tahun 2043


"Itu semuanya bagus, mempunyai kapasitas yang sama. Semua berpeluang. Pangkat semua sama," ujar Wuryanto ketika ditemui di gedung Lemhannas, Jakarta, pada Rabu, 17 Juni 2015.


Wuryanto menjelaskan bahwa regenerasi terus berjalan di internal AD. Jenderal Gatot pun tidak lama lagi menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR sebelum dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden.


Sebelumnya, Jenderal Gatot mengatakan sebagai prajurit dia sudah siap untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR. "Persiapan, ya, pastilah. Yang pasti (ketika tes) yang ditanya nanti soal tugas saya. Tugas sehari-hari saya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya