Jokowi Bertekad Rampungkan Proyek Waduk Jatigede

Proyek pembangunan Waduk Jatigede Sumedang
Sumber :
  • Setkab.go.id

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo akan merampungkan pengerjaan proyek Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, di masa pemerintahannya.

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

Sebagaimana diketahui, Waduk Jatigede yang mangkrak sejak zaman Presiden Pertama RI Soekarno ini memiliki kendala pada pembebasan lahan. Guna menyelesaikan masalah tersebut, Jokowi menggelar rapat terbatas khusus untuk mencari solusi soal masalah ini.

"Hari ini masalah Waduk Jatigede kita bahas bersama. Kita tahu waduk ini sejak zaman Bung Karno dan sampai sekarang belum bisa rampung, karena masalah pembebasan lahannya yang nggak segera diputuskan," kata Jokowi dalam rapat di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 18 Juni 2015.

Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri

Menurut dia, jika waduk ini dapat diselesaikan, akan memiliki dampak yang signifikan bagi warga sekitar.

"Waduk ini akan punya dampak besar sekali di wilayah itu. Oleh sebab itu, hari ini, agar segera diputuskan mengenai pembebasan lahannya, dan penanganan dampak sosialnya," ujarnya menambahkan.

Hukuman Khusus Bagi Pembocor Data Peserta Tax Amnesty

Sebelumnya, sudah ada enam presiden yang berusaha menyelesaikan masalah Waduk Jatigede ini, terakhir ini menjadi target Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang bertekad akan menyelesaikan waduk ini sebelum selesai masa jabatannya. Sebab, menurut dia kala itu, waduk ini sangat bermanfaat bagi irigasi pertanian di Indramayu dan mencegah banjir di kawasan sekitar. Tak hanya itu, waduk ini juga dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik.

(mus)

World   Islamic Economic Forum (WIEF)

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

Jokowi Dorong Pemberdayaan UMKM.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016