Operasi SAR Korban Tebing Karang Runtuh Dihentikan

Evakuasi korban tebing karang lonsor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA.co.id - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan terpaksa menghentikan upaya pencarian dan penyelamatan korban runtuhnya tebing batu karang di Pantai Sadranan, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Kesaksian Pengunjung Bencana Longsor Air Terjun Sedudo

Kepala seksi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Sutaryono mengatakan, pencarian dan penyelamatan korban dihentikan sementara hingga batas waktu yang tak dapat ditentukan.

Penghentian pencarian dan penyelamatan terpaksa dilakukan karena lokasi bencana runtuhan tebing karang kini diterjang gelombang pasang air laut.

Krisis Air Bersih, Warga Gunungkidul Terpaksa Jual Ternak

"Sementara dihentikan karena gelombang laut baru pasang sehingga menyulitkan petugas melakukan evakuasi," ujar Sutaryono, Kamis, 18 Juni 2015.

Sutaryono memperkirakan, operasi SAR korban runtuhnya batu karang bisa dilanjutkan kembali menjelang pukul 12.00 WIB siang ini. Karena, di jam-jam itu, gelombang air laut sedang surut.

Misteri Runtuhnya Tebing Karang Sadranan

"Mungkin sebelum jam 12.00 WIB evakuasi akan kembali dilakukan," ujarnya menambahkan.

BPBD Gunungkidul berusaha mendatangkan alat berat ke lokasi bencana untuk memudahkan tim SAR dalam melakukan pencarian dan penyelamatan korban.

"Pagi tadi pukul 02.00 WIB ditambah satu lagi alat berat, untuk mempermudah evakuasi. Satu untuk mengeruk, satu untuk memecah."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya