Telusuri Jejak Capim KPK, Pansel Libatkan BIN dan Polri

Destry Damayanti.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Pitaloka
VIVA.co.id
PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya
- Proses seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang dilangsungkan oleh Panitia Seleksi KPK. Saat ini, Pansel KPK terus menerima lamaran hinga 24 Juni 2015.

Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK

Setelah proses lamaran ditutup, pansel akan melakukan seleksi memilih Pimpinan KPK baru. Hal itu dilakukan sesuai dengan tahapan yang telah ada, mulai dari wawancara hingga penelusuran rekam jejak calon pimpinan KPK di tahap akhir.
Sekjen Golkar: Kritik Pimpinan Baru KPK Tradisi Jelek


Ketua Pansel KPK, Destry Damayanti mengatakan, panitia akan menyebarkan nama-nama calon pimpinan yang lolos seleksi administrasi nanti. Pengumuman nama-nama ini diharapkan bisa mendapat tanggapan dari masyarakat, organisasi kemasyarakatan, serta seluruh
stakeholder
.


“Dari awal kita sudah berencana menyebarkan calon yang lolos administrasi, untuk mendapat tanggapan dari masyarakat dan ormas tentang calon ini,” katanya saat ditemui di Malang, Jawa Timur, Jumat, 19 Juni 2015.


Dalam proses rekam jejak, Pansel KPK akan melibatkan BIN, Polri, PPATK dalam menelusuri rekam jejak para calon. Peran BIN, menurutnya tidak hanya dilakukan saat proses rekam jejak.


Lembaga Intelijen negara itu juga mulai menyortir kandidat sejak awal proses lamaran dibuka, sehingga menyisakan lebih sedikit calon pimpinan KPK yang kredibel.


"Polisi nanti juga masuk dalam proses rekam jejak ini, kita
welcome
saja kapan mereka (polisi) masuk. Ini meminimalisir jika nanti sudah masuk di pimpinan KPK, ternyata nanti ada kasus kecil yang mencuat seperti yang terjadi sekarang,” katanya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya