217 Pendaftar Calon Komisioner KPK, Hanya 14 Perempuan

9 perempuan panitia seleksi KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Pansel KPK Kantongi Hasil Verifikasi Rekam Jejak Capim
- Sampai Senin sore, panitia seleksi calon pimpinan KPK sudah menerima lebih dari 200 pendaftar. Mereka berasal dari beragam kalangan dan profesi.

Pansel KPK Akui Pernah Didekati Terkait Seleksi Capim

"Sudah ada 217 orang. 14 di antaranya perempuan," kata juru bicara Pansel KPK Betti Alisjahbana kepada VIVA.co.id, Selasa 23 Juni 2015.
Pansel KPK Serahkan 48 Nama Capim ke KPK


Namun, saat dikonfirmasi perihal pendaftar perempuan yang merupakan polisi aktif dari Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (Sespim), Betti menolak berkomentar.


Sebelumnya, Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Budi Gunawan menyebut ada seorang polisi wanita yang telah meminta rekomendasinya untuk mendaftar dalam bursa calon pimpinan KPK. Polwan itu adalah Brigadir Jenderal Polisi Basaria Panjaitan, pengajar Sekolah Staf Pengajar dan Pimpinan Polri. Budi Gunawan menilai Polisi Wanita itu berwibawa dan cantik yang kebetulan memiliki latar belakang sebagai reserse.


Seperti diketahui, Pansel KPK membuka pendaftaran bagi calon pimpinan KPK sejak 5 hingga 24 Juni 2015. Pelamar yang berminat bisa mengirimkan dokumen ke Sekretariat Pansel KPK atau melalui e-mail.


Tiga hari setelah pendaftaran ditutup, tepatnya pada 27 Juni 2015 Pansel akan memberikan kesempatan kepada publik untuk memberikan masukan. Ini ditandai dengan langkah Pansel KPK yang akan mengumumkan nama-nama calon yang lolos seleksi administrasi.


Selanjutnya, panitia seleksi akan menyerahkan delapan nama calon pimpinan KPK kepada Presiden Joko Widodo dengan tenggat yang ditetapkan pada 31 Agustus 2015. Delapan nama inilah yang lantas akan diserahkan Presiden kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatutan. 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya