Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Bahas Sampah

Endapan Sampah di Waduk Pluit
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
VIVA.co.id
WTO Puji Reformasi Ekonomi Indonesia
- Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas membahas soal penanggulangan sampah kota. Menurut Jokowi, sebetulnya sudah banyak sekali ide soal pengolahan sampah dari kota-kota. Namun, tak satu pun kota yang berhasil menanggulangi sampah.

Jokowi Minta Kemudahan Berusaha Naik, Ini Langkah BKPM

"Saya lihat di Jerman, Singapura, Korea beberapa cara pengolahan sampah yang berbeda dan memang ada dan di negara kita belum ada," kata Jokowi saat membuka rapat di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 23 Juni 2015.
Jokowi Ingin Kemudahan Berusaha RI Naik ke Peringkat 40


Menurut Jokowi, problem pengolahan sampah ini ada di sisi regulasinya. "Agar pengolahan sampah ini menjadi sebuah program kita yang sangat penting dan pengelolaan bisa dilakukan terpadu sistematik antara pemerintah pusat, pemda, dan masyarakat," kata dia.


Namun yang paling penting, kata dia, pengelolaan sampah memberi manfaat ekonomi dan paling penting mengubah perilaku masyrakat.


"Saya tahu dalam praktik pengelolaan sampah sekarang ini banyak sekali yang masih mengumpul, mengangkut, menimbun oleh karena itu perlu pembangunan sistem yang terpadu mulai dari rumah tangga, pemilahan, penjemputan hinga pengolahan di TPA," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya