Empat Pimpinan KPK Enggan Maju Lagi

KPK Bantah Isu Pelarangan Beribadah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto
- Langkah Pelaksana Tugas Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi untuk kembali mendaftar sebagai calon pimimpinan KPK jilid IV ternyata tidak diikuti oleh empat pimpinan KPK lainnya.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Saya sendiri tidak mencalonkan diri," kata Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 23 Juni 2015.
KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim


Senada dengan Ruki, dua wakil ketua KPK serta satu Plt wakil ketua KPK yakni Adnan Pandu Praja, Zulkarnain, dan Indriyanto Seno Adji mengaku tidak akan turut mendaftar. Indriyanto bahkan mengaku berkeinginan untuk kembali mengajar di Kampus.


Ruki mengungkapkan, secara lembaga, pihaknya tidak akan mendukung Johan untuk maju seleksi calon pimpinan. Namun, pendaftaran merupakan hak pribadi setiap orang.


"Tapi sebagai kolega, tentu saya senang yang empat pimpinan atau yang mantan pimpinan dulu mendaftarkan diri. Jadi ada kesinambungan manajemen ke depan," ujar dia.


Meski demikian, Ruki menegaskan jika ada pegawai KPK yang ingin mendaftar, maka harus meminta izin pimpinan terlebih dulu. "Pak Johan silakan, tapi pegawai di luar KPK ya harus lapor ke pimpinan, kalau disetujui atau tidak kami lihat dari rekam jejaknya," kata Ruki.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya