Dituding Nistakan Agama, Ini Jawaban KPK

KPK Bantah Isu Pelarangan Beribadah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Pelaksana tugas Ketua KPK Taufiequrrachman Ruki mengungkapkan sejak Suryadharma Ali ditahan di rumah tahanan Cabang Pomdam Guntur, politikus Partai Persatuan Pembangunan itu menghembuskan tudingan bahwa KPK melakukan penistaan agama.

Ruki menjelaskan keberadaan mantan menteri agama itu di Rutan telah mengubah perilaku sejumlah tahanan. Menurut Ruki, ada beberapa kebiasaan tahanan yang berubah sejak SDA menjadi penghuni Rutan.

"Mereka (para tahanan) diberikan kesempatan Salat Jumat di auditorium, tapi sejak ada SDA, mereka tidak mau di auditorium gedung KPK dengan beragam alasan. Padahal sebelum SDA ditahan mereka biasa dijemput, tapi setelah SDA datang mereka keberatan untuk dijemput," ujar Ruki di Gedung KPK, Selasa 23 Juni 2015.

Selain hal tersebut, Ruki juga mengungkapkan SDA menghembuskan tudingan bahwa KPK melakukan penistaan agama dengan melarang para tahanannya di Rutan Guntur untuk melakukan ibadah salat.

Bahkan, yang menuding petugas sipir rutan melakukan penistaan agama pada 5 Juni 2015 lalu. SDA, kata Ruki, selaku pencetus rencana, mengirimkan surat penistaan agama yang dilakukan KPK ke pimpinan DPR.

Selain SDA, sebanyak sembilan tahanan lain juga ikut menandatangani surat tersebut. Selain itu, lima tahanan lainnya beragama nonmuslim pun ikut membubuhkan tanda tangan.

Dalam surat itu, menyebutkan bahwa sipir rutan sering melakukan pelarangan kegiatan beribadah.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh


Dianty Windayanti

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024