2.000 KK Terima Santunan Sosial Waduk Jatigede

Proyek pembangunan Waduk Jatigede Sumedang
Sumber :
  • Setkab.go.id
VIVA.co.id
Cek Waduk Jatigede, Jokowi Janji Semua Rampung 2016
- 2.000 Kepala Keluarga di kawasan Bendungan Jatigede menerima santunan atas dampak sosial daerah genangan. Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi mengatakan, pembayaran yang dilakukan pada Jumat 26 Juni kemarin adalah tahap pertama dari belasan ribu KK yang akan menerima kompensasi dampak sosial.

Waduk Jatigede Meluap, Ratusan Rumah Terendam

“Pembayaran kompensasi senilai Rp741 miliar akan diberikan untuk 11.469 KK, untuk hari ini ada 2000 KK yang dibayarkan santunannya,” ucap Mudjiadi di lokasi pembayaran di Sumedang.
Warga Jatigede yang Tak Mau Direlokasi Nyaris Tenggelam


Mengutip laman kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR), proses pembayaran ditargetkan rampung pada akhir Juli 2015, sebab awal Agustus penggenangan akan mulai dilakukan. Ada tiga tahapan yang harus dilaksanakan sebelum pengisian waduk.


“Pertama adalah pengosongan area genangan berupa pengosongan penduduk, pengosongan satwa dan pemindahan situs, dan tersisa 15 situs dari total 48 situs,” kata Mudjiadi.


Tahap kedua adalah pembersihan area genangan berupa penebangan pohon di lahan perhutani seluas 1.300 ha, aset-aset PLN, serta rumah tidak berpenghuni. Tahap terakhir yaitu pengisian waduk yang akan dilaksanakan selama 219 hari yang rencananya akan dimulai awal Agustus mendatang.


Pengoperasian waduk Jatigede diharapkan mampu mengatasi kekeringan dan banjir di Indramayu, Jawa Barat. Bendungan seluas 4.983 hektare itu terletak di Sumedang, Jawa Barat yang diperkirakan mampu menampung 980 juta meter kubik air. Bendungan tersebut menampung air dari sungai Cimanuk yang akan dimanfaatkan untuk sarana irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya