100 Dokter Operasi Bayi Kembar Siam Aceh

Bayi kembar siam dempet kepala yang lahir di Aceh Tenggara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zulkarnaini
VIVA.co.id
Hari Terakhir PIN, Bayi Kembar Siam Dapat Imunisasi
- Dirbinyanmed RSPAD Gatot Soebroto, Kol Dr Asrofi S Surachman, Sabtu, 27 Juni 2015, mengatakan operasi bayi kembar siam asal Aceh, yang didiagnosa dempet pada bagian kepala, sudah dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Lewati Masa Kritis, Bayi Kembar Siam Sudah Boleh Pulang

Operasi itu merupakan yang pertama, ditujukan untuk menyelamatkan perkembangan otak. "Rangkaian operasi dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB nanti. Ini operasi tahap pertama," kata Asrofi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.
Setelah 10 Jam, Kembar Siam di Kepala Berhasil Dipisahkan


Ada tiga tahap operasi untuk menyelamatkan bayi, yang diberi nama Fitri Rahmawati dan Fitri Sakinah, melibatkan tidak kurang dari 100 orang dokter gabungan, dari RSPAD Gatot Soebroto dan RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta.


Setelah operasi tahap pertama, operasi kedua masih akan dilakukan di Jakarta. Sementara operasi ketiga menurut rencana dilakukan di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta. "Ini kasus jarang, maka melibatkan 100 dokter," ucapnya.


Para dokter yang terlibat terdiri dari para dokter spesialis dan subspesialis. "Dokter anaknya saja sudah banyak, dari setiap konsultan dan subspesialis juga semua terlibat," kata Asrofi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya