Gunem, Jadi Desa Percontohan Perlindungan Anak

Menteri Yohana Susana Yembise
Sumber :
VIVA.co.id
Depok Catat 147 Kasus Kejahatan pada Wanita dan Anak
- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise menilai bahwa Kabupaten Rambang, Jawa Tengah adalah kabupaten dengan perlindungan anak terbaik, khususnya di Desa Gunem. Sehingga dia, ingin menjadikan Rembang sebagai kota model perlindungan anak di Indonesia. Itu pasca dirinya mengunjungi Komite Perlindungan Anak Daerah (KPAD) di wilayah Gunem, Kabupaten Rembang.

Guru Pencubit Anak Tentara Divonis 6 Bulan Percobaan

Dalam kunjungan tersebut, Yohana mengapresiasi pihak desa setempat melakukan praktik pencegahan kekerasan terhadap anak di desa setempat. Meski dalam lingkup desa, menurut dia, hal itu akan menjadi percontohan program nasional oleh kementerian yang ia kelola.
Bocah Telantar di Trotoar, Diduga Korban Perkosaan


"Saya tertarik untuk datang ke desa ini (Gunem). Saya lihat praktik perlindungan anak memang sudah dilaksanakan beberapa tahun. Ini bisa digunakan sebagai
pilot project
atau model untuk Kementerian," kata Yohana di sela melakukan kunjungan ke Desa setempat, Sabtu, 27 Juni 2015.


Saat ini, lanjut dia, kementeriannya memang sedang berusaha semaksimal mungkin mencari satu model yang baik yang bisa digunakan untuk dapat melindungi dan mengurangi angka kekerasan terhadap anak. Ternyata ada satu desa di Jawa Tengah yang sudah berpikir maju mempraktikan anti kekerasan terhadap anak ini.


"Desa Gunem, dan desa-desa yang sudah maju kita bisa pakai jadi model. Siapapun, kepala desa, di mana-mana mereka boleh belajar di desa ini, " ujar dia.


Yohana juga mengapresiasi langkah pemerintah kabupaten Rembang dalam mendukung pencegahan kekerasan terhadap anak melalui komite di tingkat desa.


Harapannya, komitmen besar seperti di Rembang, dapat ditiru oleh daerah lain. Sebab Bupati Rembang telah menjadi
pionir pencegahan kekerasan anak dengan menerapkannya di tingkat desa.


"Maka penting peran kepala daerah dan dukungan masyarakat dalam upaya mencegah kekerasan terhadap anak ini," ucapnya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya