Pimpinan Dinilai Berperan dalam Pelemahan KPK

Gedung KPK.
Sumber :
  • (ANTARA/Reno Esnir)

VIVA.co.id - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dituding turut berperan dalam upaya pelemahan lembaga antirasuah itu.

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta mencatat, ada upaya pelemahan KPK. Namun, pimpinan lembaga itu tak berjuang serius untuk melawan. Misalnya, dalam sidang di Mahkamah Konstitusi pada 23 Juni 2015 saat pembahasan uji materi Pasal 32 Ayat 2 Undang-Undang KPK. Saat itu hakim konstitusi meminta agar bukti rekaman yang berisi upaya kriminalisasi pimpinan KPK diperdengarkan.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Hukum dan Masyarakat LBH Jakarta, Alghiffari Aqsa, saat rekaman itu diputar untuk diperdengarkan kepada hakim, pimpinan KPK tidak hadir.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Konspirasi pelemahan KPK yang sempat direkam menjadi pertanyaan besar di kalangan publik. Hal ini semakin nyata ketika di dalam tubuh KPK sendiri, pernyataannya yang diberikan berubah-ubah," katanya dalam konferensi pers di kantor LBH Jakarta, Minggu, 28 Juni 2015.

Alghiffari menjelaskan, dalam rekaman itu terdapat sebuah kebenaran sebagai bukti atas pelemahan terhadap KPK. Namun pimpinan KPK menutupinya.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

"Sayangnya ditutup-tutupi sebagai bentuk penghancuran lembaga itu sendiri," ujarnya.

Dia meminta pimpinan KPK tidak menutup-nutupi rekaman itu. Soalnya itu bukan semata mempertaruhkan integritas mereka.

"Membuka kebenaran adalah bagian dari pemberantasan korupsi."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya