Polda Bali Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Kubu Margriet

Hotma Sitompul saat pemeriksaan 2 anak kandung margriet
Sumber :
  • tvOne

VIVA.co.id - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Bali, Komisaris Besar Hery Wiyanto, mengaku telah menyiapkan segala upaya untuk mengantisipasi gugatan praperadilan Margriet Christina Megawe (60). Ibu angkat mendiang Engeline Margriet Megawe itu tak terima dinyatakan sebagai tersangka pembunuh bocah delapan tahun tersebut.

Hery mempersilakan kepada siapa pun yang merasa dirugikan atas penetapan tersangka Margriet atas kasus pembunuhan Engeline untuk mengajukan gugatan praperadilan.

Saksi: Engeline Tak Pernah Cerita Diperkosa

"Apabila ada yang dirugikan dengan proses penyidikan kepolisian, itu memang diatur praperadilan. Dan, kita sudah siap (menghadapi gugatan praperadilan)," kata Hery di Mapolda Bali, Senin 29 Juni 2015.

Sejauh ini, proses penyidikan yang dilakukan Polda Bali telah mengacu pada standar operasional prosedur (SOP). "Dalam proses penyidikan ini, kita mendasari dengan SOP," ungkapnya.

Dalam kerangka itu pula, proses penyidikan berjalan agak lambat dalam batas normal. Menurut Hery, itu semua dilakukan agar bukti-bukti yang telah disiapkan tak dimentahkan di meja persidangan kelak.

"Kita menginginkan proses penyidikan tidak mentah nanti di persidangan. Kita perlu bukti ilmiah bahwa tersangka M (Margriet) adalah pelaku," ucap Hery.

Sementara itu, dua berkas yang disidik oleh Polresta Denpasar dan Polda Bali akan digabung menjadi satu berkas. "Nanti kita diskusikan kembali soal itu," tutup Hery.

Pengacara: Margriet Dipaksakan Jadi Tersangka

Sebelumnya anggota tim kuasa hukum Margriet, Dion Pongkor, mengaku tidak terkejut dengan penetapan tersangka kliennya dalam kasus pembunuhan Engeline. Sebab sebelumnya, kata Dion, kliennya sudah dijadikan sebagai target tersangka berikutnya.

Atas dasar itu, kuasa hukum berencana mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka Margriet oleh Polda Bali. Tim kuasa hukum masih menyusun berkas untuk diajukan ke Pengadilan Negeri Denpasar. (ren)

Pengacara Margriet Sebut Kasus Engeline Tak Ada Kemajuan
Tersangka kasus pembunuhan Angeline

Satpam Ungkap Isi Rumah Margriet yang Kumuh Penuh Binatang

Ibu angkat Engeline itu melarang siapapun masuk ke rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
17 November 2015