Hercules dari Skuadron Malang Itu Berusia Setengah Abad

Pesawat Hercules Jatuh
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id - Pesawat Hercules dengan nomor penerbangan A-1310 jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan, Sumatera Utara, Selasa, 30 Juni 2015. Pesawat tersebut berasal dari Skuadron 32 Lanud Abdul Rachman Saleh Malang, yang berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pesawat ini buatan 1964, dan sudah berumur setengah abad lebih.

"Iya betul, itu pesawat dari skuadron 32," kata Kepala Penerangan dan Dokumentasi Lanud Abdul Rachman Saleh, Letkol Sutrisno Selasa 30 Juni 2015.

Menurutnya, pesawat itu terbang dari Lanud Halim Perdanakusuma, berlanjut ke Pekanbaru, kemudian ke Tanjung Pinang, Dumai, dan hendak menuju ke Pangkalan Udara Suwondo di Medan.

Ada Bahaya Tersembunyi di Bandara Halim?

"Kami belum tahu apakah pesawat terbakar ketika take off atau mendarat, kami juga masih mencari informasi tentang pilotnya," ucap Letkol Sutrisno.

Dia menyebut Skuadron 32 memiliki markas di Lanud Abdul Rachman Saleh. "Ada satu skuadron Hercules di Lanud Abdul Rachman Saleh," ujarnya.

Meskipun, Kapentak masih mencari tahu informasi tentang pesawat Hercules A-1310 yang berada di Halim Perdana Kusuma sejak Senin petang.

Dari informasi yang beredar, pesawat itu sedang dipiloti oleh Kapten Penerbang Sandi. Meski demikian pihak Lanud Abdul Rachman Saleh belum bisa mengonfirmasi nama pilot dan penumpang lain di dalam pesawat itu.

"Sampai sekarang kami masih belum mendapatkan konfirmasi," ujarnya.

Tabrakan di Halim, Batik Air Klaim Sudah Sesuai Prosedur
Pesawat Wings Air mendarat darurat di Berau, Kalimantan Utara, Selasa, 29 Maret 2016.

KNKT Selidiki Pesawat Wings Air Tabrakan di Kupang

Wings Air menabrak taxiway hingga menyebabkan robek di ekornya.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016