Hercules yang Meledak Itu Andalan TNI AU

Pesawat penjemput TKI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVA.co.id - Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriyatna mengatakan Pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Medan, Sumatera Utara, merupakan pesawat angkut militer tipe B buatan tahun 1964.

TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang

Meski usia Hercules yang jatuh sudah uzur, Agus menyebut pesawat ini merupakan pesawat andalan TNI AU.

"Ini pesawat sangat bagus. Ini all weather, andalan kita," kata Agus dalam perbincangan bersama tvOne, Selasa, 30 Juni 2015.

Agus menyatakan Ppesawat Hercules menjadi andalan TNI AU karena pesawat tersebut multifungsi. Diantaranya berfungsi untuk membawa logistik, menerjunkan pasukan, membawa personil dan mampu landing di landasan pacu yang tidak panjang.

"Sangat diandalkan. Kita berusaha keras dengan sistem pemeliharaan yang betul," ujar dia.

Mantan kepala Staf Umum TNI ini menyadari dengan kondisi pesawat yang sudah tua, TNI AU terus berupaya melakukan pemeliharaan dengan sebaiknya.

TNI AU: Awak Pesawat T-50 Tewas

Bahkan untuk pesawat buatan tahun 1964, Agus menegaskan pemeliharaan dan pengecekan pesawat sebelum terbang pasti dilakukan berulang kali.

"Pemeliharaan harus terus menerus ini pesawat andalan kita," tegas mantan penerbang pesawat tempur ini.

Agus membantah Pesawat Hercules C 130 yang jatuh di Medan ini, berjenis sama dengan Pesawat Hercules yang jatuh di Magetan, Jawa Timur, tahun 2009 lalu. "Ini tipe B, yang di Magetan tipe HN, beda tipe. Kalau tipe lebih kecil buatan 1964 buatannya lebih lama," katanya.

Pesawat T-50 Golden Eagle buatan Korea Selatan

Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi

DPR meminta para pilot TNI tetap semangat menjaga kedaulatan udara.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2015