DPR: Tak Masalah Sipil Naik Hercules, Tapi...

Pemulangan jenazah korban pesawat Hercules C-130
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVA.co.id
Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi
- Insiden jatuhnya pesawat militer TNI AU, Hercules C-130, diketahui telah menewaskan 141 orang. Korban dilaporkan terdiri dari warga sipil yang merupakan penumpang dan juga warga lokal di lokasi kejadian.

TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang

Belum diketahui persis berapa jumlah warga sipil yang menjadi korban. Namun merujuk ke manifest, total penumpang di Hercules naas itu adalah 113 orang yang terdiri dari 12 kru dan 101 penumpang yang merupakan anggota TNI dan kerabat.
TNI AU: Awak Pesawat T-50 Tewas


Dengan kata lain, diluar 113 orang jenazah, maka bisa dipastikan sisanya, atau sebanyak 28 orang adalah warga sekitar lokasi.


Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, Mahfudz Siddiq, mengaku tak mempersoalkan adanya kerabat dari anggota TNI yang menjadi penumpang di pesawat militer tersebut.


Selain ekonomis, Mahfudz juga meyakini tidak ada ketentuan yang melarang pesawat angkut militer tersebut tidak boleh membawa warga sipil.


"Saya bisa memahami di satu sisi, dari segi aspek keekonomisan, sehingga kemudian keluarga TNI gunakan pesawat angkut Hercules. Memang problemnya ketika ada kecelakaan, mereka ini kan penumpang sipil yang tidak terlindungi (asuransi)," kata Mahfudz di gedung DPR, Jakarta, Rabu 1 Juli 2015.


Disinggung terkait kemungkinan adanya dugaan kesalahan prosedur pengangkutan warga sipil, Mahfudz enggan berkomentar jauh, namun ia mengaku mempercayakan hal itu pada investigasi internal TNI Angkatan Udara.


"Yang jelas dari kasus ini banyak pembenahan, mungkin salah satunya adalah warga sipil yang jadi penumpang pesawat angkut militer," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya