Kala Usaha Sampingan 'Wakil Tuhan' Mulai Diusik

Pelantikan Hakim Agung
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Kasus dugaan pelanggaran etika yang menimpa hakim agung dengan seorang pengacara Safitri Hariyani Saptogino masih diproses Komisi Yudisial (KY).

Ini Nama Tokoh Familiar Lolos Seleksi Hakim Agung

Komisioner KY, Imam Anshori Saleh, mengakui adanya laporan tersebut, namun laporan tersebut belum secara tertulis. "Belum ada laporan tertulis ke KY, itu baru laporan melalui telepon jadi belum bisa apa-apa kalau cuma informasi lewat telepon. Jadi mereka baru mendengar isu-isu saja," ujar Imam saat dihubungi VIVA.co.id.

Imam menambahkan, laporan tersebut sudah disampaikan sejak satu tahun lalu. Namun, belum juga ada laporan surat tertulis dengan melampirkan bukti-bukti ke KY. "Paling tidak indikasi seperti apa, kalau lisan kita tidak bisa apa-apa, siapa pelapornya, apa yang dilaporkan. Kita follow up kalau memang ada laporan tertulis, dan itu harus ada dasarnya laporan," ujarnya menambahkan.

MKD Kejar Target Selesaikan 12 Kasus Etik Dewan

KY mengaku siap melanjutkan pengusutan dugaan kasus pelanggaran etika hakim agung yang melibatkan keluarganya dengan seorang pengacara Safitri Hariyani Saptogino.

VIVA.co.id berupaya mengkonfirmasi pengacara Safitri terkait tuduhan bisnis keluarga yang melibatkan Hakim MA itu, di dua nomor milik dia. Namun, hingga berita ini ditulis upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Cabuli Bawahan, Ketua Pengadilan Agama Terancam Dipecat

(mus)

MA segera gelar pemilihan Wakil Ketua MA bidang Yudisial

DPR Bahas Batas Usia Hakim Agung

Batas usia Hakim Agung agar lebih produktif dan lebih baik.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016