12.300 Personel TNI Siap Dukung Pengamanan Arus Mudik

Panglima TNI Jenderal Moeldoko
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id - Sebanyak 12.300 prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan disiagakan untuk pengamanan mudik lebaran 2015. Pengamanan yang dilakukan TNI bersifat dukungan kekuatan dengan menyesuaikan kebutuhan Polri di lapangan.

"Pengamanan mudik sudah terkoordinasi dengan baik. Terkonsolidasi dengan kepolisian. Kita backup kepolisian sekitar 12.300 (personel)," kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Mabes TNI, Kamis malam 9 Juli 2015

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayor Jenderal Fuad Basya, mengatakan, meskipun pengamanan arus mudik merupakan tanggung jawab Polri, tapi Panglima TNI telah menginstruksikan Panglima Komando Utama (Pangkotama) dari Angkatan Darat, Laut dan Udara untuk siap apabila suatu saat dibutuhkan untuk memberikan bantuan.

Bantuan yang disiapkan TNI untuk mendukung mudik lebaran, seperti kapal perang yang disiapkan oleh Angkatan Laut untuk pemudik. Namun, untuk pasukan yang akan dikerahkan itu resmi dikeluarkan oleh Panglima TNI.

Adapun jumlah pasukan yang akan dikerahkan dalam pengamanan arus mudik, lanjut Fuad, tergantung dari kebutuhan Polri.

Pasukan Garuda Juara Umum Ajang Olahraga di Afrika

"Tergantung berapa banyak Polri butuhnya, kita siap apabila polri membutuhkan bantuan pengamanan mudik," ujar Fuad. (one)

Freddy Budiman semasa hidup saat di Lapas Nusakambangan

Begini Cara TNI Ungkap Testimoni Freddy Budiman

TNI telah membentuk tim investigasi mengusut informasi ini

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016