Ini Jalur Alternatif Antisipasi Macet di Pintu Tol Cipali

Ilustras-Gerbang Tol Cipali di Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id - Pemudik yang hendak menuju wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta melalui jalur tol Cikampek-Palimanan (Cipali) diprediksi tumpah di pintu keluar tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah.

Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai

Antisipasi kemacetan panjang di titik tersebut terus dilakukan, salah satunya sosialisasi jalur alternatif yang akan jadi pilihan.

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk mengurai kemacetan dampak pembukaan tol Cipali tersebut.

Salah satunya dengan pengalihan arus kendaraan ke Jalur Utama Pantura melalui exit tol Cikampek dan Cirebon.

Kedua, khusus arus mudik, pemerintah sejak H-7 Lebaran ini telah membuka tol darurat Pejagan-Pemalang sepanjang 20 kilometer hingga wilayah Brebes Timur.

Namun, tol darurat yang kini masih berupa daratan tanah keras itu diperuntukkan bagi mobil pribadi saja. Selain itu, pemudik diminta berhati-hati, mengingat jalur tersebut masih belum ada lampu penerangan dan berdebu saat musim kemarau seperti ini. Rambu-rambu lalu lintas di lokasi ini bahkan belum terpasang sepenuhnya.

Alternatif lain, adalah dengan pemecahan arus dari exit tol Pejagan ke sejumlah jalur alternatif. Di antaranya, dari exit tol Pejagan, pemudik bisa memasuki jalur Ketanggungan-Salwi-Tegal-Pantura.

Di jalur alternatif itu sebanyak 126 rambu jalan telah terpasang dengan baik.

Bagi pemudik yang akan melewati jalur alternatif menuju jalur selatan, pemudik disarankan untuk melewati jalur Ketanggungan- Pripuk- Bumiayu- Purwokerto.

Namun, pemudik disarankan berhati-hati saat melewati di tanjakan Ciregol yang sempat longsor beberapa waktu lalu.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat tinjauannya di jalur Ciregol beberapa waktu lalu mengaku di titik Ciregol akan menjadi titik yang padat saat mudik.

Sebab, volume kendaraan di wilayah itu akan menumpuk secara perlahan, meski kini telah dilakukan dua arah dengan jalur darurat yang dibuat Dinas Bina Marga. "Saya sudah usulkan agar di Ciregol dipasang CCTV. Satu atau dua agar bisa dipantau volumenya," katanya. (art)

Hindari Antrean Panjang, Gerbang Tol di Cipali Ditambah

Kendaraan yang melintas di Tol Cipali melonjal hingga tiga kali lipat.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2015