Kapolri Sebut, 70 Persen Kemacetan Saat Mudik karena Motor

Ilustrasi mudik lebaran
Sumber :
  • Tegean. wordpress
VIVA.co.id
Operasional Angkutan Lebaran Ditetapkan, Ini Rinciannya
- Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi, Badrodin Haiti mengapresiasi langkah Jasa Raharja yang setiap tahunnya melaksanakan kegiatan mudik gratis. Sebab, acara mudik gratis ini sangat membantu warga yang hendak pulang kampung.

Ini Alasan Harga BBM Hanya Turun Tipis

"Ini merupakan hal berharga bagi warga sehingga tidak perlu susah payah ke terminal atau mudik naik motor," ujar Badrodin di Parkir Timur Senayan Jakarta, Sabtu 11 Juli 2015.
Pendaftaran Angkutan Mudik Gratis Lebaran Sudah Dibuka


Selain itu, kata dia, mudik gratis juga dapat mengurangi kemacetan terutama menjelang puncak arus mudik H-1 lebaran, terutama di jalur Cikampek, Jawa Barat. Meskipun sudah ada tol Cikampek-Palimanan (Cipali), dia tidak menutup kemungkinan akan potensi terjadinya kemacetan di Jawa Tengah.


Kemudian, mantan Kapolda Jawa Timur itu menuturkan, mudik bersama ini dapat mengurangi angka kemacetan. Menurut dia, kemacetan terjadi sekitar 70 persennya diakibatkan para pemudik yang menggunakan sepeda motor.


Namun begitu ia menyarankan jika nanti ada warga yang tetap menggunakan sepeda motor saat mudik lebaran, harus istirahat setiap tiga jam perjalanan.


Kapolri berharap, agenda mudik gratis ini tidak hanya dilakukan oleh Jasa Raharja tapi juga oleh perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menggunakan anggaran Corporate Sosial Responsibility (CSR). Yang paling penting, armada mudik lebaran diperuntukan bagi karyawannya sehingga bisa mengurangi kemacetan.


"Pola seperti itu agar mengurangi kemacetan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya