Jalur Selatan Jawa Mulai Dipenuhi Kendaraan Pemudik

Kondisi mudik di jalur selatan
Sumber :
  • tvOne / Ipung S Munawar

VIVA.co.id - Peningkatan volume arus kendaraan mudik terjadi di jalur selatan melalui Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu 11 Juli 2015 sore. Meski demikian, belum terlihat kemacetan dan kendaraan melintas padat lancar.

Kepadatan terlihat terjadi di pertigaan Sukamantri, Ciawi, karena kendaraan keluar masuk SPBU Sukamantri. Ini mengakibatkan lalu lintas tersendat.

Begitu pun yang terjadi di pertigaan Pamoyanan, Suryalaya, yakni jalur alternatif menuju Ciamis dan Jawa Tengah sempat terjadi antrean kendaraan. Hal ini disebabkan keluar masuk kendaraan angkutan umum yang datang dari Panjalu – Ciamis.

Kebanyakan kendaraan yang mudik jenis bus umum antar kota, mobil pribadi dan kendaraan roda dua.

Kepadatan kendaraan juga terlihat ketika melintas di daerah Pos Aju Cipanas, Ciawi. Di tempat ini tidak hanya dari arah Bandung yang mengalami kepadatan, tapi dari arah sebaliknya mengalami peningkatan.

Hingga Sabtu sore, volume arus balik kendaraan di jalur selatan, melewati Gentong Tasikmalaya juga mengalami peningkatan.

Antrean panjang kendaraan mudik diperkirakan terus meningkat hingga esok hari, karena daerah ini merupakan daerah tanjakan yang cukup panjang. Meski jalur Gentong merupakan titik rawan di jalur selatan, Tasikmalaya, namun tetap menjadi favorit para pemudik. Pasalnya melewati Gentong bisa menghemat jarak tempuh.

Jalur ini merupakan akses tercepat untuk melintasi Tasikmalaya dan Ciamis menuju Jawa Tengah. Seperti diketahui, jalan utama tanjakan Gentong dikenal rawan kemacetan dan kecelakaan setiap musim mudik. (ren)

Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen

Laporan: Ipung S Munawar

Pemudik yang mengendarai sepeda motor.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

Menurutnya, tantangan besar untuk menurunkan angka kecelakaan.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2015