Hujan Es, 11 Warga Papua Tewas Kedinginan

Ilustrasi Warga Papua.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
VIVA.co.id
Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020
- Hujan es yang melanda pegunungan di provinsi Papua dalam beberapa bulan terakhir telah menelan korban jiwa. Di Kabupaten Lany Jaya di 11 kampung di Distrik Wano Barat, sebelas warga dikabarkan meninggal dunia akibat kedinginan.

Selundupkan Kayu, 8 Warga Papua Nugini Dicokok TNI AL

Hujan es yang turun sepanjang hari juga menyebabkan hasil kebun dan hewan ternak warga seperti babi dan ayam mati kedinginan dan dikabarkan banyak warga yang terjangkit diare.
Pendidikan di Kawasan Indonesia Timur Masih Timpang

Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Siholait, mengatakan tak hanya Kampung Wano Barat yang dilanda hujan salju, namun ada juga di dua distrik lainnya, yakni Distrik Kuyawage terdapat 8 kampung didalamnya dan Distrik Goa Baliem yang terdapat 7 kampung didalamnya.

"Ada 26 kampung di 3 distrik terisolir butuh bantuan sesegera mungkin," kata Christian Selasa 14 Juli.   

Adapun 11 warga yang tewas diduga akibat kedinginan, dimana, cuaca berkisar 0 sampai -2 derajat celsius. "Cuaca sangat ekstrem hingga minus derajat celsius, ini diduga yang mengakibatkan belasan warga tewas," ujarnya. 

Sebelum hujan salju turun, bencana kekeringan telah melanda daerah itu selama satu bulan lamanya. Siklus hujan salju di Lanny Jaya biasa terjadi 3 tahunan, atau 5 tahunan bahkan hingga 10 tahunan. Hujan salju terakhir kalinya di Lanny Jaya terjadi pada 1989.     

"Kami akan membentuk tim guna menyalurkan bahan makanan, obat-obatan, dan tim medis ke tiga distrik, pesawat carteran sekali terbang  Rp 33 juta. Untuk menjangkau 3 distrik itu dengan berjalan kali bisa belasan hari," tegasnya.    

Pemkab Lanny Jaya juga meminta bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua untuk membantu pengiriman tambahan tim medis, obat-obatan dan tambahan selimut dan pakaian.

Data dari Pemkab Lanny Jaya, setiap distrik rata-rata dihuni oleh 400 kepala keluarga (KK), sehingga saat ini ada sekitar 1200 KK yang terancam kelaparan dan kedinginan.

"Warga sama sekali tidak siap menghadapi cuaca ekstrem, karena cuaca seperti ini tidak rutin terjadi setiap tahun," kata dia. 

Kabupaten Lany Jaya adalah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Jayawijaya sejak 2008 silam. Kabupaten itu memiliki luas 2.248 km2 dan berpenduduk lebih dari 182 ribu jiwa berdasarkan sensus penduduk 2014," kata dia." (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya