Gratis, Pemudik Nekat Abaikan Keselamatan

Pemudik dengan kepal laut, lebaran 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Veros Afif
VIVA.co.id
Setiap Hari Ada Kecelakaan, Tol Tangerang Merak Masuk Dalam Kategori Rawan
- Ribuan pemudik dari berbagai daerah nekat berdesakan dan memenuhi kapal mudik gratis yang bersandar di Pelabuhan Kalianget, Sumenep Jawa Timur, Rabu 15 Juli 2015.

Kecelakaan Boat Paspampres, Satu Belum Ditemukan

Tak pelak, kapal dengan tujuan Pulau Kangean, Sapeken dan pulau Masalembu ini langsung kelebihan kapasitas. Penumpang pun berjubel dan berdesak-desakan di dalam kapal.
Ratusan Penumpang Kapal Mutiara Dievakuasi ke Dermaga I Bakauheni


Bahkan, meski telah diingatkan bahwa kapal telah penuh. Sejumlah pemudik pun tetap memaksa memanjat kapal, termasuk ada yang menggunakan tangga.


"Ini sudah kemauan para pemudik. Dihalangi, kami khawatir nanti ada masalah baru," ujar Kepala Syahbandar Pelabuhan Kalianget Sumenep Mohamad Ihsan, Rabu 15 Juli 2015.


"Doakan saja para pemudik sampai selamat ke tujuannya masing-masing," tambahnya.


Sejauh ini, masih tersisa ratusan penumpang yang tak terangkut oleh kapal mudik gratis. Beberapa di antaranya mengaku kecewa karena tak bisa berangkat mudik gratis.


Namun sebagiannya lagi bersyukur karena khawatir terhadap perjalanan dengan kondisi kapal yang sudah sangat penuh sesak tersebut.


"Mudah-mudahan mereka tidak ada kendala di perjalanan. Kapal itu sudah sangat kelebihan penumpang," ujar salah seorang pemudik yang tertinggal.



Veros Afif/Sumenep

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya