Belasan Orang Tewas Akibat Kekeringan Aneh di Lanny Jaya

Danau Sentani, Papua
Danau Sentani, Papua
Sumber :
  • http://travelingyuk.com/

VIVA.co.id - Sedikitnya 11 orang dilaporkan tewas, akibat bencana kekeringan aneh di Lembah Kwiyawagi, Lanny Jaya, Papua.

Bupati Lanny Jaya Befa Jigibalon menyebut, peristiwa tersebut berulang setiap lima tahun. Pada keterangan tertulisnya, Rabu, 15 Juli 2015, Befa mengatakan, bencana kekeringan aneh itu sudah terjadi sejak lama. Menurut dia, peristiwa itu terulang hampir setiap lima tahun, sempat hilang dalam sembilan tahun terakhir.

Befa menyebutnya peristiwa aneh, karena terjadi pada malam hari, diawali dengan turunnya embun yang menutupi seluruh wilayah itu. "Pagi hari embun berubah menjadi minyak, yang menyelimuti tumbuhan."

Beberapa jam kemudian semua tumbuhan yang tertutup minyak itu, akan menjadi layu dan kering. "Terjadi setiap hari selama kemarau panjang," ujarnya.

Menurut dia, hal terburuk yang dapat terjadi, adalah kelaparan akibat matinya tanaman yang menjadi sumber pangan di Lanny Jaya. "Bencana besar terjadi, ketika hujan mulai turun," ujarnya.

Befa mengatakan, hujan akan membuat tanaman warga membusuk, yang akhirnya terjadi kelaparan panjang satu tahun penuh. Dia menyebut telah mengirimkan petugas kesehatan ke lapangan.

Namun, untuk bantuan pangan, Befa menyebut pihaknya hanya bisa memasok hingga satu pekan ke depan. Sementara penyaluran bantuan tidak mudah, dengan medan yang sulit dicapai.

"Bantuan yang dikirimkan pemda, harus dengan pesawat yang biaya angkutnya tinggi."

(mus)